Menikmati Indahnya Pantai Losari Saat Matahari Terbenam di Waktu Senja

Monday, December 9th 2019. | Sulawesi

Sulawesi memang memiliki banyak tempat wisata indah yang menjadi daya tarik wisatawan domestik hingga wisatawan mancanegara. Salah satu tempat wisata yang menjadi favorit para wisatawan adalah Pantai Losari yang letaknya ada di sebelah barat kota Masakar. Pantai Losari bahkan telah menjadi ikon kebanggaan masyarakat Makassar. Jika kamu berkunjung ke pantai ini di pagi hari, kamu akan melihat banyak pengunjung yang jalan-jalan santai dan jogging disekitar pantai. berbeda ketika sudah sore hingg malam hari, pantai ini sangat ramai karena banyak pengunjung yang menantikan panorama sunset di senja hari.

Nuansa kekuningan saat matahari hendak tenggelam, menjadikan suasana terasa sangat romantis dan hangat.  Keindahan Pantai Losari memang tidak ada duanya, hamparan pasir putihnya terlihat seperti menyatu dengan air laut, angin pantai yang mengahadirkan suasana sejuk, ditambah ruang terbuka publik yang cocok dijadikan tempat berplesir.  Beberapa orang mungkin merasa kurang suka berkunjung ke pantai, namun Pantai Losari berbeda. Nah waktu yang sangat pas jika kamu ingin melihat keindahan pantai yang sebenarnya yaitu berkunjung pada pukul 6 sore hingga pukul 9 malam.

Hawa sejuknya akan membuatmu betah berlama-lama di pantai ini. banyak fotografer yang berkunjung kesini dengan tujuan mengabadikan momen-momen mengagumkan dari Pantai Losari.  Tempat ini ramai menjadi tempat nongkrong anak-anak mineal mulai dari terbenanmnya matahari sampai matahari terbit. Kamu tak perlu khawatir akan kebersihan, karena lingkungan pantai ini benar-benar sangat terawat kelestarian dan kebersihannya tetap terjaga. Banyak sekali spot-spot unik di Pantai Losari. Seperti  berfoto-foto di monumen patung orang-orangan di halaman wisata Pantai Losari. Ada banyak patung-patung khas Sulawesi seperti Becak, Tedong Bonga, Perahu Phinsi, dan masih banyak lagi. Atau berfoto di besi-besi berbentuk huruf yang bertuliskan  Makassar, Bugis, Toraja, ataupun Mandar.

Ada banyak sumber informasi wisata di tempat lain, namun semoga artikel ini bisa lebih lengkap membahas mengenail pantai losari.

Menjadi surganya kuliner

Selain menikmati panorama sunset di senja matahari, kamu bisa melanjutkan berburu makanan lezat yang ada di sekitaran pantai. Pantai Losari memang sudah terkenal akan wisata kulinernya, mulai dari makanan khas Makassar, dan pastinya masakan-masakan laut. Nah yang menjadi menu favorit di Pantai Losari ialah pisang epe. Pisang epe hampir mirip dengan pisang bakar, namun pisang epe digepengkan dulu sebelum dibakar. Setelah matang, diatas pisang epe disaram saus gula merah yang manis. Kamu bisa juga menambahkan beberapa topping lezat yang disediakan penjual. Selain pisang epe, ada masakan khas Masakar lainnya yaitu soto Makassar, pisang ijo, sop konro, dan pallu butung. Untuk masakan laut, juga bermacam-macam seperti olahan ikan pari, cumi-cumi, dan lobster. Harga makanan yang ditawarkan juga masih terjangkau, yaitu sekitar 8 ribu hingga 50 ribu rupiah.

Fasilitas yang ada di Pantai Losari

Sambil berburu kuliner lezat, kamu bisa mengakses internet yang diberikan secara gratis kepada pengunjung. Bisa dibilang, hanya pantai inilah yang mempunyai fasilitas free wifi untuk para pengunjung. Sayangnya, di Pantai Losari tidak diperbolehkan  untuk berenang karena airnya yang dalam sekali sehingga sangat berbahaya. Walaupun tidak diperbolehkan berenang, jangan khawatir karena di pantai ini tersedia beberapa wahana airseperti sepeda air, banana boat, dan perahu. Oh iya disini juga tersedia fasilitas memancing yang menyenangkan lho! Di Pantai Losari juga terdapat Masjid Terapung yang diberi nama Masjid Amirul Mukminin. Nah bagi kamu yang beragam muslim, bisa menyempatkan diri shalat di masjid yang unik ini.

Lokasi keberadaan dan akses menuju Pantai Losari

Pantai Losari berada di jalan Penghibur Penambungan, kota Makassar, Maloku, Ujung Pandang, Sulawesii Selatan. Akses menuju Pantai Losari juga mudah. Jika kamu berangkat dari pelabuhan soekarno Hatta Makassar, hanya menempuh perjalanan  sekitar 15 menit  saja untuk bisa tiba di Pantai Losari. Nah kalau kamu berangkat dari bandara Hasanuddin, akan menempuh perjalanan  sekitar 45 menit kalau lalu lintas tidak macet, namun kalau kondisinya macet bisa memakan waktu hingga 1 jam lamanya.

Hotel-hotel yang ada di sekitar Pantai Losari

Pantai Losari berada pada lokasi yang cukup trategis karena menyatu dengan kota Makassar sejauh kurang lebih 4 km. Di seberang jalan terdapat banyak hotel yang bisa kamu jadikan tempat istirahat setelah menghabiskan waktu di Pantai Losari. Nah hotel –hotel mewah yang paling dekat dengan pantai yaitu  hotel losari beach, hotel quality, hotel aston, ,hotel mgm dan hotel aryadutta. Kalau kamu ingin mencari hotel sederhana, kamu bisa memilih hotel kenari yang berlokasi di jalan Joseph Latumahina.

Tiket masuk dan jam buka Pantai Losari

Tiket masuk ke Pantai Losari gratis, jadi kamu bisa bersenang-senang sepuasnya. Kamu hanya perlu membayar parkir yang harganya tidak sampai 10 ribu rupiah. Untuk jam bukanya, tidak ada jam tutup bagi Pantai Losari, jadi bukanya 24 jam ya!

Nah itu dia beberapa informasi mengenai keindahan Pantai Losari yang bisa kamu rasakan saat mengunjunginya. Tunggu apalagi, yuk segera rencanakan liburanmu bersama keluarga ke Pantai Losari!