Berpetualang Menjelajahi Hutan Hujan Tropis di Objek Wisata Bukit Bengkirai

Indonesia memang terkenal dengan kekayaan alam yang melimpah. Salah satu pulau yang memiliki kekayaan alam melimpah ada pulau Kalimantan. Objek wisata pun banyak macamnya mulai dari pantai, pegunungan, dan lain-lain. Namun objek wisata alam yang bernuansa hutan hujan tropis sudah jarang ditemui. Tak terkecuali di daerah Kalimantan Timur, yang tempatnya bernama Bukit Bengkirai. Lokasi objek wisata ini berada di Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara. Objek Wisata Bukit Bengkirai memiliki luas total sebesar mencapai 1.500 hektar yang sekitarnya dikelilingi banyak pepohonan hijau. Pohon bengkirai merupakan jenis kayu yang sudah tergolong langka. Kayu bengkirai mempunyai sifat yang kuat seperti kayu ulin,sehingga banyak digunakan sebagai bahan bangunan untuk membuat rumah-rumah tradisional Kalimantan. Tinggi pohon bengkirai disini rata-rata mencapai 40-50 meter dengan berdiameter 2,3 meter. Pohon-pohon disana umurnya juga sudah sangat tua, bahkan ada yang berumur 150 tahun lebih lho! Tempat ini juga menjadi wisata edukasi dan obyek-obyek penelitian terhadap satwa-satwa yang lindungi. Memang, tujuan utama adanya Bukit Bengkirai ini adalah  sebagai hutan konvervasi dan pengembangan monument hutan alam tropika basah.

Selain kamu bisa menikmati keindahan alam di sekitar objek wisata Bukit Bengkirai, di tempat ini dibangun sebuah jembatan gantung yang akan menantang adrenalinmu. Bagi kamu yang suka dengan tantangan, wajib deh melewati jembatan unik yang satu ini. Jembatan ini dinamakan Canopy Bridge. Jembatan ini merupakan jembatan gantung pertama di Indonesia, kedua se-Asia,  bahkan posisi kedelapan sedunia. Dengan memiliki panjang 64 meter, jembatan ini digantung  diatas ketinggian 30-40 meter yang dihubungkan dengan 5 pohon Bangkirai. Tantangan akan kamu rasakan saat kamu berada di tengah-tengah perjalanan, dimana angin dari pepohonan akan membuat jembatan terayun-ayun. Dari atas jembatan kamu akan melihat keindahan alam hutan tropis ditambah semilir angin-angin yang membuat jembatan sepeti berayun-ayun. Walaupun kamu sempat merasa takut, lama-kelamaan rasa takut itu akan hiang saaat kamu melihat panorama di sekitar hutan. Yah, keindahan hutan Kalimantan menjadikan hutan-hutan Kalimantan sebagai salah satu dari paru-paru dunia yang harus selalu kita jaga. Nah agar kamu bisa berada diatas jembatan gantung, kamu harus melewati beberapa rute anak tangga yang menanjak. Oh iya jangan lupa untuk mengabadikan momen langka saat berada di Canopy Bridge ya! Spot alamnya bagus banget deh dijadikan latar berfoto dan berselfi ria!

Akses menuju Bukit Bengkirai

Rute perjalanan menuju objek wisata Bukit Bengkirai bisa kamu lalui melalui jalur darat dari kota Balikpapan, Samarinda, ataupun Tenggarong. Dari kota Samarinda atau tenggarong, perjalanan ditempuh dengan jaraj150 km, sedangkan dari kota Balikpapan perjalanan ditempuh dengan jarak 58 km selama kuranag lebih 1,5 jam  . Nah sedangkan dari kecamatan Samboja hanya berjarak 20 km saja. Tidak perlu khawatir dengan rute jalan menuju Bukit Bengkirai, karena kondisi jalannya sudah cukup baik. Jika dari arah kota Balikpapan, kamu belok kiri di KM 38 yaitu Jl. Soekarno Hata. Setelah itu kamu akan menelusuri sebuah jalan hingga 7 km. Nah nanti kamu akan melihat sebuah gerbang masuk yang bertuliskan “Wisata Bukit Bengkirai”. Kamu bisa masuk ke kawasan tempat wisata ini dengan menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat.

Fasilitas yang disediakan di Bukit Bengkirai

Fasilitas yang ada disini sudah cukup lengkap.  Ada restoran yang menyajikan menu yang lezat. Jika ingin menginap, disini juga disediakan sebuah penginapan(cottage). Terdapat juga penginapan alami yang tidak dilengkapi listik, biasanya disebut dengan jugle cabin. Kamu tidak perlu khawatir lagi deh kalau ingin menginap atau hanya sekedar beristirahat.

Tiket wisata Bukit Bengkirai

Untuk tiket masuk ke tempat wisata ini, sangatlah terjangkau. Tiket masuk untuk orang dewasa dikenakan tarif 3.500 ribu rupiah, sedangkan untuk anak-anak hanya sebesar 1.500 rupiah saja.  Nah bagi kamu yang ingin menantang adrenalin melewati jembatan gantung, kamu harus membayar 20 ribu rupiah untuk WNI dan bagi wisatawan mancanegara harus membayar 50 ribu rupiah. Oh iya tarif parkir disini untuk kendaraan roda dua sebesar 3 ribu rupiah dan untuk kendaraan roda tiga sebesar 5 ribu rupiah.

Nah itu dia beberapa informasi mengenai Objek Wisata Bukit Bengkirai yang ada berada di Kalimantan Timur. Penasaran? Yuk langsung saja kesini. Semoga artikel ini bisa kamu jadikan referensi saat kamu hendak mengunjungi Objek Wisata Bukit Bengkirai.

About editor