Pantai Balekambang Wisata Pantai Malang Yang Mempesona

Malang adalah salah satu kota yang berada di Jawa Timur yang memiliki tempat-tempat wisata yang cukup populer. Malang identik dengan Gunung Bromo, Museum Angkut, Batu Night Spectaculer dan lain-lain, namun Malang juga memiliki objek wisata pantai yang tak kalah mempesona. Objek wisata yang dimaksud adalah Pantai Balekambang yang telah lama terkenal di kalangan wisatawan domestik ataupun mancanegara.

Keistimewaan Pantai Balekambang dibandingkan dengan pantai pantai lainnya secara topografi dan wujudnya, pantai ini mirip seperti Tanah Lot yang merupakan pantai ternama di Bali yang identik dengan pura yang berada di atas pulau karang. Pantai Balekambang juga memiliki pura yang berdiri diatas salah satu pulau karang.

Pantai Balekambang memiliki sebuah misteri dan mitos yang berkembang di masyarakat, di mana misteri dan mitos itu berasal belum diketahui, namun penyebarannya sudah  sangat dipercaya oleh masyarakat secara turun temurun. Ada beberapa misteri dan mitos yang terlanjur beredar di masyarakat antara lain adalah,

  1. Mitos yang pertama adalah jika kamu pergi ke pantai ini dan sedang menjalin hubungan dengan seseorang, maka hubunganmu akan segera berakhir. Belum di ketahui tentang kebenaran mitos ini, namun itulah kepercayaan yang hingga kini masih dipegang oleh masyarakat sekitar.
  2. Dan mitos yang kedua yaitu air laut pantai Balekambang dapat membuat wajah menjadi awet muda, meskipun sedikit aneh namun itulah kepercayaan masyarakat. Namun tak jarang banyak wisatawan yang ingin membuktikannya dengan mandi hingga berenang ke pantai ini.

Kepercayaan tentang mitos tersebut tergantung pada individu masing-masing individu, jika kamu tidak mempercayainya cukup dengan menghargai dan tidak mencela mitos-mitos tersebut. Pantai Balekambang terletak di sebelah selatan Kota Malang yang secara administratif pantai ini berada di Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, kecamatan Bantur, Malang. Dari pusat Kota Malang kamu harus menempuh jarak kurang lebih 67 km, dengan waktu tempuh sekitar satu setengah jam hingga 2 jam menggunakan kendaraan pribadi. Perjalanan yang cukup melelahkan, namun dapat terobati setelah kamu sampai di pantai ini yang menyuguhkan panorama keindahan pantai di mana kamu dapat melakukan berbagai aktivitas bersama keluarga, pasangan ataupun sahabat.

Selain pesona pemandangan pantai, ada keindahan lain yang tak boleh dilewatkan di pantai ini antara lain adalah 3 pulau utama di seberang pantai yang berdiri di atas bebatuan karang yaitu Pulau Ismoyo, Pulau Anoman dan Pulau Wisanggeni. Untuk menuju ke Pulau tersebut dapat melewati jembatan beton yang akan mempermudah kamu menuju ke pulau-pulau.

Salah satu dari ketiga pulau tersebut ada sebuah pulau yang memiliki pura yang digunakan untuk tempat beribadah umat Hindu yaitu pulau Ismoyo. Di dekat pantai juga terdapat sebuah makam dari seorang ulama yang berasal dari Yogyakarta bernama Said Abdul Jalil. Saat yang paling indah adalah ketika menyaksikan tenggelamnya matahari di objek wisata Pantai Balekambang. Di pantai ini kamu akan menyaksikan dengan jelas moment dimana matahari yang mulai menenggelamkan dirinya hingga merubah warna langit yang sangat indah.

Di pantai ini kamu juga dapat melakukan aktivitas seperti flying fox, camping di pinggir pantai, atau sekedar menikmati hembusan angin pantai sambil menikmati pemandangan pantai yang indah. Itulah informasi tentang keindahan pantai Balekambang. Kamu dapat merencanakan liburan menuju ke kota apel ini untuk menuju ke Pantai Balekambang, dijamin kamu akan datang lagi untuk menikmati panoramanya. Jangan lupa kunjungi blog wisata asyik. Selamat berlibur!

About editor

Check Also

4 Macam Tempat Wisata Batu Malang yang Harus Kamu Kunjungi

Siapa sih yang tidak kenal dengan keindahan wisata batu Malang? Selain karena batu Malang merupakan …